Sabtu, 18 Juni 2011

Keamanan Pangan


A. PENGANTAR
Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia karena di dalamnya mengandung nutrisi yang diperlukan antara lain untuk pertumbuhan badan, memelihara jaringan tubuh yang rusak diperlukan untuk berkembang biak dan untuk proses yang terjadi di dalam tubuh, dan menghasilkan energi untuk dapat melakukan aktivitas.
Keracunan makanan adalah suatu penyakit yang disebabkan mengkonsumsi makanan yang berbahaya atau terkontaminasi. Terjadinya penyakit karena makanan erat kaitannya dengan lingkungan yang digambarkan WHO sebagai diagram V, yaitu penularan penyakit melalui flay (lalat), fingers (tangan), fild (tanah), dan food (makanan).
Manusia sebagai sumber bahan pencemar karena manusia menggunakan bahan makanan tambahan dalam proses pengolahan makanan, serta menggunakan pestisida atau insektisida yang tidak tepat dan bijaksana dalam pengendalian hama serangga pada gudang penyimpanan bahan makanan dan pada tempat pengolahan bahan makanan.
Kenyataan yang terjadi di lapangan apabila seorang ibu rumah tangga yang ingin mengolah sayuran maka proses pencuciannya harus diperhatikan, sehingga bahan kimia (pestisida) yang melekat pada sayuran tersebut dapat diatasi. Demikian juga pewadahan makanan yang tidak menggunakan lapisan wadah yang aman yang dapat mengkontaminasi makanan, yaitu menggunakan media yang bersifat korosif atau berkarat dan media yang bersifat asam. Disamping itu air yang telah tercemar dengan logam berat seperti merkuri atau air raksa dapat mengkontaminsi ikan dan beberapa tumbuhan yang secara alami mengandung racun.
B. PEMBAHASAN
Jika seseorang memakan makanan yang mengandung benda asing baik organik maupun anorganik yang bersifat racun, sehingga mengubah sifat asli makanan tersebut dan menyebabkan penyakit atau gangguan kesehatan bagi yang memakannya, hal ini disebut Food Poisoning (keracunan makanan). Ada beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya kasus keracunan makan makanan ditinjau dari sudut kimia:
1. Kontaminasi Bahan Kimia pada Makanan
Kontaminasi karena bahan kimia sering terjadi karena kelalaian atau kecelakaan, seperti meleltakkan pestisida dengan bahan makanan, kelalaian dalam pencucian sayuran atau buah-buahan sehingga sayur atau buah-buahan tersebut masih mengandung sisa pestisida dan kelalaian memasukkan bahan kimia yang seyogyanya dipakai untuk kemasan dimasukkan ke dalam makanan. Bahan kimia yang terdapat dalam bahan makanan dengan kadar yang berlebih akan bersifat toksik bagi manusia.
Beberapa zat yang sering menimbulkan keracunan manusia adalah:
 Zinc, terdapat pada perlatan dapur akan mengalami reduksi bila kontak dengan bahan makan yang bersifat asam.
 Insektisida, keracunan ini terjadi karena mengkonsumsi makanan yang masih mengandung residu pestisida, seperti pada syran dan buah-buahan.
 Cadmium, keracunan ini bisa terjadi karena Cd yang terdapat pada peralatan dapur dengan kontak dengan makanan yang bersifat asam.
 Antimonium, berasal dari perlatan dapur yang dilapisi dengan email kelabu murahan.
Contoh lain dari kontaminasi bahan kimia adalah pencemaran timbal yang berasal dari asap kendaraan bermotor yang mencemari makanan dan minuman yang diajajkan dipinggir jalan yang terserap oleh manusia manusia secara langsung melalui pernafasan. Pb dapat merusak jaringan saraf, fungsi ginjal, menurunkan kemampuan belajar, dan membuat anak-anak hyperaktif. Disamping itu tingkat kecerdasan anak yang tubuhnya terkontaminasi Pb sampai 10 mikrogram bisa menurun atau menjadi ideot. Pada ibu hamil yang terkontaminasi dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan, keguguran, atau sel otak jabang bayi menjadi tidak bisa berkembang bahkan dapat menyebabkan kelumpuhan.
2. Penggunaan Zat Aditif
Zat aditif bahan makanan biasanya digunakan secara sengaja, zat tambahan tadi dapat menyebabkan makanan lebih sedap, tampak lebih menarik, bau dan rasa lebih sedap, dan makanan lebih tahan lama (awet), tetapi karena makanan tersebut dapat berbahaya bagi manusia maka disebut zat pencemar.
WHO mensyaratkan zat tambahan itu seharusnya memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) Aman digunakan, (2) Jumlahnya sekedar memenuhi kriteria pengaruh yang diharapkan, (3) Sangkil secara teknologi, (4) Tidak boleh digunakan untuk menipu pemakai dan jumlah yang dipakai haruslah minimal.
Pemakaian zat tambahan yang aman digunakan merupakan pertimbangan yang penting, walaupun tidak mungkin untuk mendapatkan bukti secara mutlak bahwa suatu zat tambahan yang digunakan secara khusus tidak toksik bagi semua manusia dalam semua kondisi, paling tidak pengujian secara sifat-sifat fisiologis, farmakologis, dan biokemis pada binatang percobaan yang dusulkan dapat dipakai sebagai dasar yang beralasan bagi penilaian pemakian suatu zat tambahan pada bahan makanan.
Akan tetapi permasalahan yang sering muncul adalah pihak produsen makanan lebih mempertimbangkan segi untungnya dari dampak timbul bagi kesehatan masyarakat yang mengkonsumsi makanan yang dihasilkannya. Karena pertimbangan ini sering terjadi pemalsuan dalam perdagangan makanan, kalau pemalsuan sebatas merk dagang yaitu dengan meniru nama produk yang digemari masyarakat tidak akan memberikan masalah yang besar bagi kesehatan masyarakat, tetapi bila pemalsuan tersebut bertujuan agar produk yang mestinya dibuang baik karena kesalahan produksi, maupun telah melebihi masa kadaluarsa, bila dipasarkan kembali akan sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat.
3. Zat Racun Alami pada Bahan Pangan
Keracunan makanan bisa terjadi akibat racun secara alamiah terdapat dalam makanan itu sendiri, keracunan seperti itu terjadi karena kelalaian atau ketidaktahuan masyarakat yang mengkonsumsinya, misalnya keracunan singkong karena adanya asam sianida (HCN) yang pada dosis tertentu bisa menyebabkan kematian. Singkong yang dikonsumsi tidak dicuci dengan benar atau tidak sempurna pengolahannya. Demikian juga dengan keracunan jengkol karena adanya kristal asam jenkolat yang bisa menyumbat saluran air seni apabila kandungan jengkolat yang terakumulasi dalam tubuh.
C. CONTOH KASUS KERACUNAN MAKANAN
Masalah keracunan makanan yang disebabkan oleh bahan kimia makin meningkat dewasa ini. Hampir setiap tahun kasus keracunan selalu ada , angka kejadiannya pun cukup tinggi. Dari seluruh kasus keracunan makanan sebagian besara bersumber pada pengolahan makanan yang tidahk higiene. Berikut adalah contoh kasus keracunan makanan yang terjadi di Indonesia.
 Dari data kasus keracunan makanan yang pernah terjadi pada siswa SD yaitu 150 anak di SD Tabanan Bli, 117 anak di Kel. Teluk Bitung bandar Lampung dan 21 anak dari Madrasah Ibtidaiyah Wates Tanjung Kecamatan Waringin Anom Gresik Jawa Timur, mengalami keracunan disekolahnya setelah jajan pada kantin sekolah. Dan berdasarkan hasil uji sampling jajanan sekolah yang dilakukan dari Banda Aceh sampai Jaya Pura ditemukan makanan mengandung formalin dan boraks pada bakso dan mie untuk pengenyal dan pengawet serta rodamin B pada sirup es mambo atau pewarna.
 Contoh kasus yang terjadi di Aceh di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Tanah Pasir dan Kecamatan Syamtalira bayu yang menyebabkan korban di rawat di RSUD Cut Meutia Lhokseumawe akibat mengkomsumsi mie instant yang over masa pakainya (kadaluarsa), dampaknya 300 jiwa lebih para pengungsi di dua Kecamatan tersebut mengalami gangguan kesehatan diiringi gejala pening, mual, muntah.
 Kasus yang lain terjadi pada jemaah kloter 35 JKS, BTJ 14 dan 03 BDJ yang tinggal di maktab 48 dan 49 sektor V Misfallah, Mekkah mengalami keracunan makanan dengan gejala muntah-muntah, panas dingin, dan diare. Menurut salah satu pengakuan korban gejala keracunan muncul setelah mengkomsumsi nasi kuning yang dijual pedagang asongan didepan halaman maktab mereka. Berdasarkan hasil analisa penulis keracunan makanan ini disebabkan oleh adanya bakteri Salmonella pada makanan, dengan masa inkubasi 8-48 jam setelah makan makanan yang tercemar.
Referensi
Amrullah A. 2011. Kesehatan masyarakat. [online]. http://www.kesmas.tk. Diakses 15 Juni 2011.
Sulaeman A. 2009. Bahaya dan resiko cemaran kimia pada pangan segar asal tumbuhan. Sosialisasi peraturan Menteri Pertanian terhadap Pemasukan dan Pengeluaran Pangan Segar Asal Tumbuhan. Fakultas Ekologi IPB.
Zaenab. 2008. Kasus keracunan makanan. [online]. http:// keslingmks.wordpress.com. diakses 15 Juni 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Refreshing

Salah satu negara miskin mengirim surat kepada FAO-PBB, isi suratnya sebagai berikut:

"Tuan-tuan, tolonglah kami. Negara kami sedang ditimpa bencana kelaparan... Banyak penduduk kami mati kelaparan. Tolonglah, bantulah kami untuk memecahkan masalah ini."

Seminggu kemudian, datanglah balasan:

"Pemecahannya... Kalau ada rakyat Anda yang kelaparan, beri saja makan secukupnya. Jangan lupa beri vitamin-vitamin yang menyehatkan!"

Penyejuk Hati

Bukan karena kau diperhatikan maka tingkahlakumu menjadi baik, tetapi karena tingkah lakumu yang baik, maka kau diperhatikan....

IELTS IELTS IELTS